Sabtu, 13 Oktober 2012

Lomba Sekolah Sehat



SMPN I Susukan Ikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

BANJARNEGARA – (Infranews)  Setelah lolos dari seleksi Tingkat Provinsi, SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara akhirnya maju ke Tingkat Nasional mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2012 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penilaian yang dilaksanakan secara langsung oleh Tim Juri Nasional pada Kamis kemarin mendapat sambutan yang hangat dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dan pihak SMP N 1 Susukan. Tim juri terdiri dari unsur Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Tim Juri, Iriani Samad mengatakan bahwa maksud kedatangan Tim Juri ke SMP N 1 Susukan bukan untuk mengoreksi kebersihan lingkungan sekolah, namun lebih menitikberatkan pada dampak dari lomba yang diselenggarakan. Yakni lebih optimalnya fungsi dan keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Kami tidak melihat kemewahan dalam penilaian lomba, namun kami lebih melihat nilai manfaat dan dampak yang ditimbulkan dari lomba ini, yakni terwujudnya sekolah yang sehat” kata Iriani Samad.

Iriani Samad juga menambahkan, penilaian tidak hanya dilakukan terhadap sekolah saja, tetapi juga terhadap Tim Pembina UKS di Tingkat Kabupaten dan Kecamatan, untuk melihat kegiatan pembinaan yang telah dilakukan terhadap sekolah di wilayah kerjanya.

Dalam hal ini, menurut Iriani Samad, Puskesmas sebagai Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan berperan sangat penting untuk menciptakan sekolah sehat. Peran tersebut diantaranya seperti melatih dokter kecil, melaksanakan penjaringan kesehatan, pemeriksaan kesehatan berkala, memberikan penyuluhan, pemberian imunisasi, kader kesehatan remaja dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Muhdi, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara berharap SMP N 1 Susukan bisa terpilih sebagai Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional jenjang SMP Tahun 2012.

“Kondisi yang ada sekarang ini sudah menjadi culture, merupakan suatu budaya hidup sehat yang biasa dilakukan setiap hari, sehingga kami berharap SMP N 1 Susukan dapat terpilih menjadi juara” kata Drs. Muhdi.

Drs. Muhdi mengungkapkan guna menciptkan sekolah yang sehat SMP N 1 Susukan telah melaksanakan trias UKS, yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat. SMP N 1 Susukan juga memiliki dua ruang UKS, yakni ruang untuk siswa perempuan dan laki-laki. Selain itu juga ada Kantin Kejujuran dan Warung Herbal. ( jinggo )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar